Jenis - Jenis Gula Yang Harus Diketahui Sebelum Memasak

Jenis - Jenis Gula yang Harus Diketahui Sebelum Memasak

Dalam sebuah resep pembuatan roti, kue, cake dan minuman sering kali menjumpai istilah-istilah jenis-jenis gula.
Berikut jenis - jenis gula yang sering digunakan dalam dunia boga:
1. Gula pasir/gula putih/granulated white sugar
   
Sumber : livestrong
       Jenis ini biasanya terbuat dari tebu atau bisa juga dibuat dari umbi bit. Jenis gula ini paling banyak digunakan sebagai pemanis karena sifatnya yang fleksibel.

2. Gula halus/gula tepung /gula bubuk/powdered sugar/icing sugar/confectioners sugar
   
Sumber : joepastry



     Gula ini terbuat Dari gula pasir yang dihaluskan dan biasanya dicampur sedikit maizena agar tidak menggumpal. Gula ini biasa digunakan untuk membuat frosting/icing pada kue dan glaze.

3. Gula Castor / Caster
   
Sumber : food-info.net
 
 Gula ini terbuat dari gula pasir yang dihaluskan, namun ukuran partikelnya lebih besar dan tidak sehalus gula halus. Gula ini biasanya dapat dilakukan dari hasil pemblenderan kasar dari gula pasir. Jenis gula ini biasanya digunakan sebagai gula tabur dan pembuatan ‘meringues' dan cairan dingin.

4. Gula kasar/coarse sugar/decorating sugar
   
Sumber : recipes.wikia.com
   
  Gula  punyabutiran yang lebih kasar dan besar dari gula pasir, lebih tahan panas, dan lebih mengkilap. Biasanya digunakan untuk taburan, dekorasi, atau hiasan pada hasil baking. Gula jenis ini banyak dijual dalam berbagai warna.

5. Gula merah/gula jawa/gula semut/palm sugar
   
Sumber : meghantelpner

     Gula ini terbuat dari jenis pohon palem-paleman, makanya dinamakan palm sugar. Kue-kue atau masakan tradisional Indonesia biasa menggunakan pemanis gula merah karena lebih harum.

6. Brown sugar / Gula Coklat
   
Sumber : food-info.net
     Brown sugar adalah gula putih yang ditambahkan molase (tetes tebu) dari proses pemurnian gula. Perbedaan warna bergantung pada jumlah kandungan molase. Light brown sugar biasa digunakan untuk baking, sementara dark brown sugar yang rasanya lebih ‘berat’ bisa digunakan untuk kue yang berempah, misalnya speculaas. Jika Anda menemukan resep di internet yang meminta penggunaan gula lain yang populer di luar negeri, seperti turbinado, demerara, atau muscovado sugar, bisa diganti dengan brown sugar. Meski ketiga gula tersebut memiliki sedikit perbedaan tekstur dan aroma dengan brown sugar, namun jauh lebih memudahkan ketimbang harus repot-repot (dan mahal-mahal) membeli sebungkus gula.

Baca Juga :
Jenis - Jenis Tepung Terigu
Makanan Nusantara Tradisional Aan Maulid Nabi
Cara Menghitung Kebutuhan Kalori