5 Tradisi Perayaan Maulid Nabi Saw di Negara-Negara Non-Muslim

Hallo gaeess...
Sebentar lagi akan berjumpa dengan tanggal merah. yupz, di Indonesia bakalan bertemu dengan libur nasional pada tanggal 1 Desember 2017 / 12 Rabiul Awal 1439 H bertepatan sebagai hari Maulid Nabi Muhammad Saw.

Banyak kemeriahan dan perayaan malam memperingati hari kelahiran sang nabi agung di berbagai daerah.

Berikut 5 tradisi kemeriahan dan perayaan Maulid nabi Saw di berbagai negara mayoritas non-muslim:

1. Rusia
     Negara di benua Eropa ini yang terkenal dengan paham komunisme ini juga ada perayaan Festival Peringatan Maulid nabi lho gaeess. Di lansir dari halaman Facebook ISLAM is MY Religion bahwa Dewan Mufti Rusia menggelar acara Festival Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Festival ini sebagai ajang menebarkan syiar islam, khusunya kepada kalangan non-muslim Rusia.
     Acara festival dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, pendendangan kasidah pujian nabi Muhammad Saw, peluncuran dan pengenalan kitab-kitab keislaman dalam bahasa Rusia dan pengenalan organisasi-organisasi Islam yang ada di Rusia.
Perayaan maulid nabi di Rusia (sumber: santrijagad)

2. Turki
     Kejayaan Islam pernah berjaya di negeri merah ini. Cahaya Islam sempat redup setelah terjadi kudeta oleh seorang opsir militer Kemal At-Tartuk yang menjadikan negara Republik sekuler. Setelah adanya perubahan sistem politik di negeri ini acara peringatan maulid nabi Muhammad Saw kembali diselenggarakan di seluruh negeri Turki setelah 20 tahun vakum. Acara peringatan maulid nabi di bahas oleh para ulama bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat yang dilaksanakan selama beberapa hari.


3. India
     Penduduk India dikenal mayoritas penduduknya beragama Hindu. perayaan Maulid nabi di negara ini ditetapkan sebagai hari libur nasional tepatnya di Provinsi Jammu dan Kashmir. Mereka merayakan dengan membawa atribut dan mengenakan pakaian serba hijau yang dianggap merepresentasikan Islam dan surga, kemudian berdoa dan makan bersama di masjid.

               Perayaan maulid nabi di India (sumber: Wikipedia)

4. Nigeria
     Perayaan maulid nabi Muhammad Saw di selenggarakan di benua Afrika salah satunya di negara Nigeria. Tradisi perayaan maulid nabi Muhammad Saw digelar selama seminggu berturut-turut. Dalam tradisi di negara ini dilangsungkan berbagai kegiatan perlombaan tilawah Al-Quran antar sekolah, penerjemahan dan pembacaan teks-teks Islam ke bahasa lokal yang berisi sejarah kehidupan nabi Muhammad Saw.

5. Kanada
     Di benua Amerika, negara Kanada merupakan salah satu-satunya negara di benua ini yang merayakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw bahkan masyarakat muslim Kanada memiliki istilah lokal maulid nabi dengan "Idul Milad untuk Nabi". Para komunitas muslim Kanada biasanya akan merayakan peringatan Idul Milad un Nabi akhir pekan, berbeda seperti di negara-negara muslim lainya Setiap peringatan maulid nabi menjadi hari libur nasional. Komunitas muslim Kanada merayakannya dengan berbagai kegiatan seperti kajian, menyenandungkan pujian-pujian, doa dan makan bersama. Tradisi idul MiladunNabi biasanya diselenggarakan di Islami Center di pusat kota, dimana banyak penduduk muslim Kanada yang bekerja di pusat kota.