Keajaiban Micin Jaman Now

      Di  jaman now,  kita banyak sekali dengar kalimat "generasi Micin", "anak Micin" yang sebagian orang kalimat ini di representasikan sebagai ejekan sifat kebodohan dan konotasi negatif lainya.

Micin seringkali dipakai sebagai bumbu penyedap rasa dalam masakan yang menghasilkan rasa miami pada masakan yang mampu menggugah dan menambah selera makan, dalam bahasa kimia micin disebut Monosodium glutamat (MSG).

Tahu gak gaiss, Micin bahannya dari apa?
Biasanya bahan baku micin terbuat dari tebu yang di ekstrak dan menghasilkan tetes tebu. Tapi ada juga yang dari ekstrasi lobak, singkong dan gandum. (Eits, gula juga dari tebu kan yah? ada juga cairan infus juga hasil dari ekstraksi singkong dan tepung terigu juga dari milling gandum).
Jadi si tetes tebu atau singkong ini difermentasi dengan bakteri Brevi-bacterium lactofermentum, terus ditambah garam biar bisa mengkristal. Seperti yang biasa kita lihat berupa serbuk kristal gitu deh.


Di jaman now telah banyak terungkap Keajaiban dari micin, yuk disimak berikut ini:
1. Bagi kesehatan
1.1. Sebagai pengganti garam bagi penderita hipertensi dan penyakit lambung.
    Penggunaan mecin ini baik untuk menggantikan garam bagi penderita hipertensi karena kandungan sodium di 5 gr garam setara 2000 mg mecin, sedangkan 5 gr sodiumnya hanya 600 mg, sehingga sodiumnya lebih kecil.
   Selain itu, Micin mampu meningkatkan cairan ludah jadi gampang menelan (Schiffman S and Miletic I, 1999; Hodsom N and Linden R, 2006) dan meningkatkan cairan lambung gaes! (Vasilevskaia L, et. Al 1993), Jadi makanan lebih sempurna dicerna dan buat yang ada masalah lambung aman kok mengkonsumsi mecin. Asal sesuai dengan dosis ya gaiiisss!!!.

2. Bidang pertanian
2.1. Kesuburan tanaman
        Kandungan natrium yang tinggi pada micin mempengaruhi tingkat kesuburan suatu tanaman.
Caranya:
Siram tanaman dengan larutan Micin secara teratur, maka tingkat kesuburan dari tanaman akan menjadi lebih baik.

2.2. Mempercepat pertumbuhan tanaman.
Tanaman akan lebih cepat besar dan dedaunan semakin menghijau.

2.3. Mempercepat berbunga
Dengan tercukupinya nutrisi tanaman, maka tanaman akan lebih cepat tumbuh dan berkembang.

2.4. Kebutuhan nutrisi tanaman
Pupuk digunakan untuk nutrisi tanaman, namun harga pupuk yang terkadang melambung tinggi sehingga diganti dengan micin yang harganya lebih murah.
2.5. Meningkatkan kadar air
micin mengoptimalkan penyerapan air pada tanaman, terutama pada musim kering.

3. Sebagai pengganti deterjen pemutih
Micin membantu menghilangkan noda dan memutihkan pakaian.  Caranya dengan merendam pakaian dalam larutan micin selama beberapa saat dan dikucek dengan di taburi sedikit micin pada noda yang ingin dibersihkan kemudian dibilas dan lihat hasilnya.

Nah, banyak juga khan gaeiss keajaiban dari micin jaman now, semoga bermanfaat.