Benarkah Erupsi Gunung Agung, Erupsi Gunung Terganas di Indonesia?

     Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali,  kembali erupsi sejak 21 November. Banyak media internasional memberitakan khusunya dampak erupsi penutupan bandara internasional di Denpasar dan Lombok dan pembatalan ratusan penerbangan domestik dan luar negeri.
     Berikut 5 keganasan erupsi gunung berapi di Indonesia:
5. Gunung Agung (Bali)
    Gunung yang saat ini erupsi pernah mengalami erupsi dahsyat sepanjang tahun 1963-1964. Dimulai tanggal 18 Februari 1963 terjadi ledakan dan awan panas. Sepanjang peristiwa erupsi gunung ini membuat puing-puing ke udara sampai 8-10 km, menghancurkan desa-desa dan menewaskan sekitar 1700 jiwa yang tercatat di bulan Mei 1963.
Gambar Gunung Agung sumber : BBC.com


4. Gunung Maninjau (Sumatera Barat)
     Gunung Maninjau diperkirakan meletus sekitar 60.000 tahun yang lalu. Letusannya menyemburkan abu vulkanik hingga 250 kilometer kubik hingga radius 75 kilometer dari pusat letusan. Gunung ini diperkirakan mengalami tiga kali meletus besar hingga membentuk kaldeta saling menyambung membentuk danau seperti saat ini.
Gambar Danau Maninjau, Sumber : Wikipedia.com


3. Gunung Krakatau ( Selat Sunda).
     Salah satu letusan paling terkenal sepanjang masa, erupsi gunung Krakatau yang disusul dengan tsunami terjadi pada Agustus 1883 yang mengubah iklim global matahari terbenam di seluruh dunia, menghancurkan pulau Indonesia secara total.  . Letusan tersebut melepaskan 9 kilometer kubik magma. Serta menewaskan kurang lebih 36000 jiwa melayang.
Gambar Gunung Krakatau sumber:tripadvisor.com



2. Gunung Tambora (Sumbawa, NTB)
     Menunjukkan tanda-tanda letusan sejak tahun 1813, dan mengalami puncak keganasan ledakan erupsi raksasa di tahun 1815, ledakan gunung berapi ini yang terbesar di era modern.
Letusan tersebut meluncurkan 160 kilometer kubik puing-puing ke langit. Itu cukup detritus untuk menutupi seluruh pulau Manhattan dengan lapisan abu setebal setengah mil. Letusan tersebut menurunkan suhu global hingga tiga derajat, sehingga menghasilkan "tahun tanpa musim panas". Kekurangan pangan global juga terjadi, saat abu tersebut menghapuskan sinar matahari. Musim dingin turun sepanjang tahun di Eropa dan Amerika. Erupsi ini menewaskan hingga 71.000 orang dengan 12.000 meninggal seketika erupsi.
Gambar Gunung Tambora, sumber:wisataterkini.com



1. Gunung Toba (Sumatera Utara)
     Letusan gunung vulkanik ini diperkirakan terjadi pada 73.000 tahun lalu. Letusan ini yang menghasilkan bentuk danau vulkanik.
      Danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba diciptakan oleh sebuah ledakan yang begitu besar sehingga profesor Universitas Illinois Stanley Ambrose berpikir bahwa hal itu telah mengubah evolusi umat manusia. Dia percaya bahwa musim dingin  yang dihasilkan menyebabkan kemacetan drastis dalam evolusi manusia, mengurangi populasi  secara drastis sehingga keragaman genetik yang dihasilkan dari kelompok terpisah mempercepat diferensiasi manusia ke dalam kelompok etnis yang berbeda-beda.
Gambar Danau Toba Sumber : netral news.com
Nah gaeiss terbayang gak bagaimana keganasan erupsi letusan gunung waktu itu, dan sungguh mengerikan keganasan letusannya. Bahkan 3 erupsi gunung di Indonesia masuk dalam 5 besar letusan gunung terdahsyat dalam sejarah kehidupan di bumi gaeis.